Si Kecil Bosan Membaca Buku? Ini Tips dan Triknya

19 September 2022

Sumber : Project Literary

Kebiasaan membaca sedari dini mampu menggali potensi berbahasa anak-anak. Akan tetapi, apa yang harus Bunda lakukan ketika si kecil bosan membaca? Memang, apa, sih, yang biasanya bisa membuat si kecil bosan membaca?


Anak-anak, terutama balita, mudah sekali teralihkan perhatiannya. Meskipun sudah diberi bacaan menarik, tidak jarang mereka lebih memilih untuk bermain-main sendiri. Namun, perlu diperhatikan, kita sebagai orangtua tidak bisa memaksa keinginan anak untuk membaca. Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan agar si kecil tidak bosan membaca.


Pilih Bacaan yang Menarik

Kenali topik-topik apa saja yang menjadi daya tarik si kecil, sehingga Bunda akan lebih mudah mencari bahan bacaan yang menarik minatnya. Biasanya, anak-anak menyuki bacaan dengan bentuk, ilustrasi, dan warna-warni yang beragam, lho, Bunda!


Sumber gambar: Scholastic.co.in


Baca Bersama-sama

Temani si kecil membaca. Bimbing dia dengan cara membaca yang asyik dan menyenangkan. Hal ini juga dapat mempererat kedekatan orangtua dengan si kecil. Pilih bacaan yang sederhana tapi dapat didiskusikan bersama-sama nantinya. Hal ini penting, agar anak lebih fokus terhadap apa yang dibaca dan dipahaminya.


Bimbing Anak dalam Membaca

Jika si kecil sudah mampu membaca sendiri, bimbing mereka perlahan-lahan. Perhatikan bagaimana mereka membaca. Jika mereka mengeluh tidak suka membaca, cermati alasannya. Bisa jadi anak memang memiliki hambatan visual yang membuatnya kesulitan untuk membaca.


Sumber gambar: Zhyar.org


Jadikan Membaca Sebagai Kebiasaan

Kenalkan bacaan-bacaan ringan dari sejak anak masih kecil, sehingga anak terbiasa untuk membaca buku. Biasakan anak untuk membaca setiap maksimal satu jam sehari. Kebiasaan semacam ini mampu melatih anak agar terbiasa untuk membaca dan terhindar dari kebosanan membaca.


Nah, itu dia tips dan trik menghadapi si kecil yang bosan membaca buku. Tidak sulit untuk dicoba ternyata, ya, Bun!


Bagikan artikel ini :

LinkLink