Kamu Punya Haters? Begini Cara Menghadapinya

Editor : Vicky

Sumber : pixabay.com

Semakin tinggi pohon, semakin lebat buahnya, semakin kencang juga angin yang menerjangnya. Sahabat KKPK pernah mendengar ungkapan itu, enggak? Artinya, semakin kamu sukses, akan semakin banyak juga orang-orang yang tidak menyukaimu. Biasanya, orang-orang seperti itu disebut dengan haters.

Mereka bisa muncul di mana saja, termasuk dalam kolom komentar postingan Instagram kamu, lho! Komentar mereka pun sering kali pedas bahkan menyakiti hati. Duh, gimana menghadapinya, ya? Kamu bisa lakukan beberapa cara ini!


  1. Introspeksi diri


Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengintrospeksi diri. Apa, sih, introspeksi diri itu? Artinya, pikirkan sikap dan sifatmu yang mungkin bisa membuat orang lain tersinggung. Apakah kamu pernah mengatakan hal-hal yang tidak menyenangkan pada orang lain? Apakah postingan atau caption-mu berisi sindiran untuk orang tertentu?


Kalau iya, bisa jadi haters muncul karena perilakumu sendiri. Kalau memang kamu melakukan kesalahan, segeralah meminta maaf.


  1. Menerima kritik dengan lapang dada


Kritik memang terkadang sulit diterima, apalagi yang disampaikan dengan kata-kata pedas. Namun, ada baiknya kita terus berlapang dada dan menerima kritik tersebut untuk mengasah kemampuan kita dalam berkarya.


Misalnya, temanmu bilang kalau naskah yang kamu buat untuk KKPK masih kurang kreatif. Alih-alih tersinggung atau memusuhi temanmu, sebaiknya kamu berterima kasih pada temanmu karena mau membacanya dan memberikan pendapat. Kamu juga bisa memberikan naskahmu pada teman lain atau orangtuamu, lalu lihat tanggapan mereka.


Setelah itu, bacalah ulang naskahmu. Jika orang-orang yang membaca naskahmu berpendapat serupa, siapa tahu mereka memang ada benarnya. Namun, jika menurutmu tidak ada yang perlu diperbaiki, tidak usah mengubahnya. Langsung kirimkan saja ke redaksi KKPK, hi hi hi.


  1. Abaikan komentarnya


Perlu kamu ketahui perbedaan kritik dan ujaran kebencian. Kritik disampaikan untuk membangun seseorang, untuk mendorong seseorang ke arah yang lebih baik. Sementara itu, ujaran kebencian disampaikan hanya untuk menyakiti hati orang lain.


Jika kamu menemukan komentar-komentar seperti itu di akun Instagram-mu, misalnya, bersabarlah terlebih dahulu. Hindari membalas komentar dengan kata-kata yang sama menyakitkannya. Setelah itu, abaikanlah mereka. Kalau kamu sudah merasa benar-benar terganggu, tidak ada salahnya memblok akun mereka. Haters akan senang jika ditanggapi, dan tidak akan berhenti menyerangmu. Hiii, seram, ya!


  1. Sayangi diri sendiri


Langkah terakhir untuk menghadapi haters adalah dengan menyayangi dirimu sendiri. Terimalah segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah merasa tersinggung atau marah dengan perkataan orang-orang yang tidak menyukaimu.


Sering-seringlah mengobrol dengan ayah atau bundamu, ya, jika kamu ada masalah dengan teman atau sahabatmu. Siapa tahu, ayah atau bunda punya solusi yang lebih baik.


Kamu juga bisa membaca pengalaman teman lain yang pernah memiliki haters, seperti Bunga dalam novel KKPK Menghadapi Haters. Penyanyi cilik terkenal seperti Bunga juga punya haters, lho! Kok, bisa? Ayo serbu bukunya di Mizanstore.com!



Bagikan artikel ini :

LinkLink